Mengenal Teknik Babanam Barbeque Tradisional ala Urang Banjar


Tehnik memproses makanan. dengan dibakar serta diasap, dipercaya selaku tehnik mengolah sangat tua di dunia.

Menurut periset untuk Pusat Studi Pangan. Serta Nutrisi Kampus Gadjah Mada yang pengamat. Kulineran Indonesia Murdijati Gardjito, tehnik mengolah. Dengan dibakar (grill), telah ada semenjak era batu Mesolithikum.

Bermula dari permasalahan pencernaan. Beberapa orang untuk era itu sebab konsumsi makanan mentah. Serta kebakaran rimba di negeri China yang “kebenaran” tinggalkan berbau harum daging terbakar, pada akhirnya mengubah. Skema makan serta langkah memproses bahan pangan.

Baca : Tapak jejak “Bunga Tigarun”, Lahapan Antik Urang Banjar di Prasasti Warisan Mataram Kuno Era kesembilan

Dalam perjalanannya, tehnik memproses makanan dengan. Dibakar langsung menghadapkan bahan pangannya. Dengan api, turunkan beberapa tehnik pemrosesan pangan yang lain selaku wujud penyesuaian. Pada perubahan keperluan dan opsi warga pada budaya kulineran-nya yang dengan berangsur lagi berkembang.

Dari penjuru nusantara, saat ini kita kenal olahan Cakalang Fufu alias ikan cakalang asap dari Sulawesi Utara atau Sei Asap dari NTT yang saat ini sedang populer dan Ayam Panggang Gandu dari Magetan, Jawa Timur yang demikian kesohor.

Ke-3 produk kulineran ini dibuat dari tehnik pemrosesan pangan turunan dari tehnik bakar, yakni diasap untuk Cakalang Fufu serta Sei Asap, dan dipanggang untuk Ayam Panggang Gandu.


Memanggang Ikan atau Membanam Iwak | @kaekaha

Spesial untuk tehnik memproses makanan dengan dipanggang, yakni tehnik memperdalam makanan dengan meletakkannya dekat sama sumber panas (api) tiada berkenaan apinya langsung, kemungkinan tehnik barbeque dari dari negeri Paman Sam, USA jadi yang terpopuler.

Namun, barbeque atau kerap dipersingkat jadi BBQ ini proses aslinya memerlukan saat yang benar-benar lama, semenjak diawali pada proses marinated atau perendaman untuk bumbu sampai siap dihidangkan, prosesnya dapat memerlukan waktu beberapa hari, bukan hanya beberapa jam saja!

error: Content is protected !!