Resume Materi Bahasa Indonesia

Pemahaman Bahasa ialah. simbol bunyi yang memiliki sifat arbitrer yang dipakai oleh manusia untuk berbicara serta mengenali diri. Rumpun bahasa ialah beberapa kumpulan bahasa-bahasa yang memiliki pelopor yang serupa yakni bahasa purba dari rumpun itu. Rumpun bahasa di dunia ini antara lain yakni INDOGERMAN (EROPA), SEMIT Ibrania (ARABIA), ALTAI Turki (JEPANG), AUSTRONESIA (ASIA).

Kelompok kejadian perkembangan bahasa diindonesia seperti berikut:- Ejaan Van Ophiyusen (1901) contoh bahasa yang dipakai adalah seperti “Huruf yang berperan selaku huruf i, seperti mula dengan ramai, dipakai untuk menulis huruf y seperti pada Soerabaa.”
– Ejaan Repiublik/Soewandi (1947) contoh bahasa yang dipakai adalah seperti “Huruf oe ditukar dengan u untuk kalimat guru, itu, usia, dll.” “Kata ulangi bisa dicatat dengan angka 2 sama dalam kanak2, ber-jalan2, ke-barat2-an.”
– Ejaan Melindo (Melayu Indonesia) “Ide ejaan ini diketahui untuk tahun akhir 1959. Sebab perubahan politik sepanjang beberapa tahun selanjutnya, diurungkanlah pengesahan ejaan ini.”
– Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD) “Ejaan ini disahkan penggunaannya untuk tanggal 16 Agustus 1972 oleh Presiden Republik Indonesia. Pengesahan itu berdasar Keputusan Presiden No. 57, Tahun 1972.”

Bahasa Indonesia selaku bahasa nasional berperan selaku: simbol kebanggaan nasional, simbol identitas nasional, alat penyatu warga yang berbeda background sosial, budaya, serta bahasanya, serta alat perhubungan antarbudaya, antardaerah. Tentang hal Bahasa Indonesia selaku bahasa negara befungsi selaku: bahasa sah kenegaraan, bahasa pengantar sah di lembaga-lembaga pengajaran, bahasa sah dalam perhubungan di tingkat nasional untuk kebutuhan rencana serta penerapan pembangunan dan pemerintahan, serta bahasa sah dalam peningkatan kebudayaan serta pendayagunaan ilmu dan pengetahuan dan tehnologi kekinian.

Riwayat Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia lahir di tanggal 28 Oktober 1928. untuk waktu itu, beberapa pemuda dari bermacam penjuru Nusantara bergabung dalam Kerapatan Pemuda serta bersumpah (1) bertumpah darah yang 1, tanah Indonesia, (2) berbangsa yang 1, bangsa Indonesia, serta (3) junjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Ikrar beberapa pemuda ini diketahui bernama Sumpah Pemuda.

Posisi serta Peranan Bahasa Indonesia

Peranan bahasa yang penting serta pertama kali telah nampak dalam konsepsi bahasa di atas, yakni peranan komunikasi dengan bahasa berlaku untuk seluruh bahasa apa saja serta dimana saja.

Dalam bermacam literatur bahasa, pakar bahasa (linguis) bermufakat dengan beberapa fungsi bahasa berikut:

(1).peranan gestur dalam Bahasa (2).peranan komunikasi dalam Bahasa (3).peranan penyesuaian serta integratif dalam Bahasa (4).peranan kontrol sosial (direktif dengan bahasa).

Selaku bahasa nasional, Bahasa Indonesia berperan:

a. Simbol kebanggaan nasional

b. Simbol identitas nasional

c. Alat penyatu suku bangsa

error: Content is protected !!