Hati-hati pada Natrium yang Tersembunyi


Bersama magnesium besi. kalium, fosfor, dan sebagainya, natrium ialah mineral yang kita butuhkan dengan jumlah yang relatif banyak. Itu karena barisan mineral ini disebutkan dengan mineral makro. Rerata kita membutuhkan seputar 1500 sampai 2000 mg Natrium tiap hari. Biasanya, kita memperoleh natrium dari garam dapur (NaCl). 1 sdt garam dapur telah cukup buat penuhi keperluan badan kita akan natrium.

Fungsi-fungsi natrium pada tubuh kita untuk jaga volume darah serta tekanan darah, dan menolong saraf dan otot untuk bekerja secara baik. Kekurangan natrium, disebutkan hiponatremia, bisa mengakibatkan kejang otot, kram, sakit di kepala, segera geram, resah, mual serta kecapekan. Hiponatremia yang lebih serius bisa mengakibatkan ketidaktahuan, halusinasi, pengurangan kesadaran serta koma. Kebanyakan natrium, hipernatremia, bisa mengakibatkan lemas, resah, kejang, serta sudah pasti hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Diet manusia biasanya condong untuk kondisi kelebihan natrium. Kebiasaan hipertensi bertambah dari sekian waktu. Saat ini diprediksi seputar 26% komunitas atau seputar 972 juta orang di dunia alami hipertensi. Diprediksikan di tahun 2025 prosentase pasien hipertensi bertambah jadi 29%.

Beberapa orang kemungkinan mulai kurangi konsumsi garam yang umumnya ditambah untuk lauk, sayur, sambal, dan sebagainya. Namun, perlu diingatkan kembali lagi jika garam ada untuk bermacam pangan olahan seperti kornet, sarden (ikan dalam kaleng), bermacam sauce sambal serta tomat, kecap asin serta kecap manis, sauce barbekiu, keju, dan sebagainya.

Garam ‘bersembunyi’ dalam bermacam kudapan (snack), krupuk, keripik kentang, biskuit, kraker (crackers), gorengan, serta bermacam rupa makanan jajanan terhitung rujak, tahu gejrot, pentol, pempek, dan sebagainya. Disamping itu, yang pantas diperhatikan juga ialah natrium yang tidak berawal dari garam. Salah satunya ialah penyedap rasa atau monosodium glutamat, baking soda serta baking powder (roti, biskuit, cookies atau kue kering), garam karbonat dalam mi instant.

Antara rutinitas yang kemungkinan bisa membantu kita untuk terlepas dari kelebihan konsumsi natrium yang bisa berbuntut untuk hipertensi adalah kurangi makanan penyeling, kurangi jatah makan, serta terus membaca info ‘nutrition fact’ untuk paket produk pangan. Bisa makan apa, tetapi kontrol jatahnya.

error: Content is protected !!