Air, Molekul Paling Hebat Sedunia


Nampaknya beberapa dari. kita perlu membenahi sikap pada air. Fakta jika untuk beberapa kelompok air bisa didapat dengan murah dan gampang nampaknya sudah membuat beberapa orang melihat air dengan mata sebelah.

Bahkan juga mata sebelah itu juga setengah terpejam. Air dipandang sepele, serta dibuang-buang. Walau sebenarnya, air ialah molekul kimia sangat mempesona dari muka bumi serta penting untuk kehidupan.

Untuk yang sempat belajar kimia pasti tahu jika senyawa air terdiri dari 2 elemen hidrogen (H) serta 1 oksigen (O) atau umum dicatat H2O. Berat atom hidrogen ialah 1, sedang oksigen 16. Karena itu berat molekul air ialah 18. Satu berat molekul yang kecil.

Umumnya senyawa dengan berat molekul sekecil itu ada berbentuk gas. Misalnya gas yang kita butuhkan untuk bernapas, oksigen (O2), mempunyai berat molekul 32.

Gas yang kita bebaskan waktu hembuskan napas, karbondioksida (CO2), mempunyai berat molekul 44. Untunglah air bukan gas. Jika gas, bagaimana kita meminum? Bagaimana kita bisa meleburkan bermacam senyawa yang lain?

Lalu, kenapa air tidak berupa gas? Berikut fenomena air yang pertama kali. Tiap molekul air sama-sama ‘bergandengan’ lewat satu ikatan yang disebutkan dengan ikatan hidrogen, hingga tidak sama-sama jauh.

Molekul-molekul yang sama-sama jauh akan jadikan benda berbentuk gas. Jika cukup bersisihan, berbentuk cair. Jika bersisihan, berbentuk padat.

Ikatan antar molekul air itu lumayan kuat hingga tidak gampang menguap, tidak seperti alkohol/etanol yang mempunyai berat molekul jauh semakin besar (C2H5OH = 46). Jika air gampang menguap, ribet kita. Air di bak berkurang secara cepat. Belum juga sayur masak, air telah raib.

Ikatan antar molekul air itu lumayan kuat untuk hasilkan apa yang disebutkan dengan tegangan permukaan air, atau kita bisa memikirkannya selaku satu susunan benar-benar tipis di atas air. Susunan tipis yang lumayan kuat untuk dihinggapi bermacam serangga kecil seperti capung tiada khawatir terbenam.

Fenomena ke-2 , air diketahui selaku pelarut universal. Air bisa meleburkan semakin banyak senyawa dibanding pelarut lain! Susunan molekul air membuat bisa meleburkan bermacam jenis zat atau benda lain, seperti garam, gula, bermacam vitamin, asam amino, dan sebagainya zat yang dibutuhkan untuk kegiatan sel makhluk hidup. Kenapa air dapat meleburkan?

Air adalah molekul yang mempunyai 2 segi yang lain muatan: yang 1 positif serta yang 1 kembali negatif. Senyawa seperti air ini disebutkan dengan senyawa polar. Garam, gula, beberapa macam vitamin serta asam amino ialah senyawa polar.

error: Content is protected !!