Guru, Ayo Menulis Artikel Pendidikan


Mata pelajaran apa. Tiap orang dapat menulis. Itu dahulu yang perlu anda berikan pada diri bila pengin dapat menulis.

Arah menulis ialah sampaikan pesan. Anda seorang guru yang menulis di papan catat saat mengajarkan, lalu murid pahami dengan yang anda catat. Karena itu anda ialah seorang penulis. Sebab pesan yang anda catat sudah dipahami oleh pembaca.

Diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia V, artikel ialah karya tulisan komplet, seumpama laporan informasi atau esai dalam majalah, media massa dan lain-lain.

Anda seorang guru yang pengin membuat artikel pengajaran. Mudah! Anda cukup tuangkan pengetahuan yang anda punya. Dapat berbentuk pengetahuan teori yang anda dalami sepanjang duduk di kursi perkuliahan, atau pengetahuan praktek yang anda bisa sepanjang mengajarkan.

Mata pelajaran apa saja yang anda emban, anda bisa menumpahkannya berbentuk artikel. Kekuatan menulis yang dipunyai dengan seorang guru bisa menjadi nilai plus. Dalam satu training kenaikan kapabilitas guru, punyai karya tulisan mempunyai point tertentu sebagai penghitungan panitia. Kenapa anda harus menulis? Sebab 3 fakta berikut,

Pertama kali, untuk tingkatkan kualitas diri. Nama anda akan diketahui beberapa orang dengan beberapa ide kreatif yang anda bikin dalam tulisan. Beberapa orang jadi terpacu serta di inspirasi dengan buah kreasi anda. Anda menjadi nara sumber dalam satu seminar pengajaran bila anda kerap membuat artikel pengajaran.

Ke-2 , sebab anda seorang guru. Pilih karier selaku guru pastinya anda menekuni di dunia akademik. Buku diktat atau modul ialah piranti yang acap dibikin oleh guru. Membuatnyamembutuhkan ketrampilan menulis. Dengan kerap membuat artikel pengajaran, kekuatan menulis anda akan terasah. Makin lama kekuatan itu jadi tajam. Anda menjadi pakar dengan menekuninya.

Ke-3 , menamah pendapatan anda. Bila anda sudah mengusai membuat artikel pengajaran, anda tidak sangsi kembali untuk menulis buku pengajaran. Apa lagi bila buku pelajaran yang anda atur jadi buku kurikulum di tahun tuntunan mendatang. Wah, tentu pendapatan anda bertambah.Lalu bagaimanakah proses membuat artikel?

Pertama kali, tetapkan dahulu topik atau judul yang akan anda catat. Ini bergantung untuk penulis. Banyak yang tenteram tentukan topik dahulu, baru diakhir membuat judulnya. Tetapi saya tiap menulis artikel, lebih dahulu tentukan judul.

Untuk saya, judul itu ialah dasar materi yang diuraikan. Bila ulasan akan melebar, karena itu saya kembali lagi menyaksikan judul yang saya bikin diawalnya, supaya kembali lagi konsentrasi serta dalam.

error: Content is protected !!